Proses pembelajaran tatap muka 100% sudah berjalan. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan oleh Bapak/Ibu guru di SD Kristen Petra 5 dalam menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan suasana yang rileks, aman, menarik, dan mengajak siswa terlibat penuh.

Seperti yang sudah dilaksanakan oleh siswa kelas 1 dalam pembelajaran bahasa inggris “I can make something with triangles, squares and parallelogram”. Pembelajaran ini bertujuan agar siswa mampu mengaplikasikan materi yang sudah diajarkan yaitu shapes dan tangram.

Teman-teman, Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika, pertama kali dikembangkan di negeri Cina dan sering disebut dengan Puzzle China. Nama tangram berasal dari kata Tang dan Gram dan istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Thomas Hill dalam bukunya Geometrical Puzzle for the Youth pada tahun 1848. Permainan tagram bisa melatih imajinasi anak, merangsang motorik halus dalam menggungting dan menempel.

Pertama-tama guru menjelaskan macam-macam shape dalam Tagram. Setelah itu siswa diajak untuk membuat gambar lain dengan shapes. Siswa sangat antusias dan tidak sabar untuk membuat gambar. Hasilnya sangat luar biasa; ada yang membuat rumah, layang – layang, itik, ikan, kapal, robot, monster dan masih banyak lagi. Dari kegiatan ini saja siswa sudah banyak belajar yaitu; matematika mengenal shapes, art and craft menggunting dan menempel, serta bahasa Inggris membuat kalimat sederhana “I can make a fish with 4 triangles”, dan juga mengenal warna. Wah sesuai ya dengan visi misi pembelajaran Petra yang holistic dan terintegrasi!

Semangat terus teman – teman mengikuti pembelajaran tatap muka 100 persen. Akan ada banyak pembelajaran yang menyenangkan lainnya. Tetap sehat ya supaya bisa tetap eksis dan berkarya di jalan Tuhan. God bless you!

Loading